Panduan Persyaratan dan Proses Lengkap Pendirian PT tahun 2022

Panduan Persyaratan dan Proses Lengkap Pendirian PT tahun 2022

Pendirian PT di Bogor

PT atau Perseroan Terbatas adalah salah satu jenis badan usaha yang paling sering digunakan oleh entrepreneur untuk menjalankan bisnis. Prosedur pendirian PT selama ini sering berubah menyesuaikan dengan peraturan yang dibuat oleh pemerintah.

Efeknya, syarat dan juga prosedur pendirian bisa berbeda dari waktu ke waktu. Pendirian PT di 2021 belum tentu sama dengan pendirian di 2022.

Di Artikel ini, Anda akan mendapatkan info lengkap mengenai persyaratan dan juga proses lengkap pendirian PT di 2022, yaitu:

  • Persyaratan Pendirian PT
  • Proses Lengkap Pendirian PT
  • FAQ (Frequently Asked Question)
Berapa minimal orang yang dibutuhkan untuk mendirikan PT?

Untuk mendirikan PT, minimal dibutuhkan 2 orang untuk menjadi pengurus (Direktur dan Komisaris) sekaligus pemegang saham.

Pengurus (Direktur/Komisaris) bisa juga menjadi pemegang saham, namun pengurus hanya bisa menjabat salah satu posisi.

Misal: Direktur boleh sekaligus menjabat sebagai pemegang saham namun tidak bisa menjabat sekaligus sebagai komisaris dan hanya bisa memilih salah satu jabatan pengurus.

Jika suami dan istri ingin mendirikan perusahaan hanya berdua saja, wajib memiliki perjanjian pra-nikah.

Apa saja Syarat Dokumen Pendirian PT?

Untuk mendirikan PT, Anda harus menyiapkan dokumen berikut:

  • Copy atau scan KTP dan NPWP Pendiri Perusahaan (Direktur dan Komisaris).
  • Copy atau scan KTP dan NPWP Pemegang Saham.
  • Memiliki alamat perusahaan, apakah milik sendiri ataupun sewa. Untuk memudahkan dan menghemat biaya operasional PT Anda nanti, layanan Virtual Office menjadi alternatif pilihan terbaik.
  • Kantor berada di Zonasi Perkantoran / Zonasi Komersial / Zonasi Campuran.

*Catatan Penting: Dokumen KTP dan NPWP harus dipastikan sudah diupdate dengan status terbaru.

Misalnya: Jika ada perpindahan alamat domisili di KTP namun NPWP masih menggunakan alamat lama, maka NPWP wajib diupdate dengan alamat yang sesuai dengan KTP.

Jika istri ingin menjadi pengurus dan atau pemegang saham namun NPWP sudah digabungkan dengan NPWP suami, maka NPWP suami harus diupdate agar ikut mencantumkan nama istri di NPWP milik suami.

Prosedur Pendirian PT di Tahun 2022

Pengecekan dan Pemesanan Nama oleh Notaris

Pada Tahap ini, anda harus menyediakan beberapa opsi nama untuk dicek oleh Notaris. Notaris akan mengecek di sistem AHU (Administrasi Hukum umum) untuk mengkonfirmasi apakah nama yang diajukan bisa digunakan atau sudah digunakan perusahaan lain.

Persyaratan nama PT harus terdiri minimal 3 kata, menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa serapan Indonesia, dan belum digunakan oleh PT lain.

Contoh Nama PT: PT MAJU MUNDUR CANTIK, PT MENCARI CINTA SEJATI, PT REALITA TANPA BATAS

*Nama hanya contoh. Jika ada Nama Perusahaan yang sama dengan nama diatas, maka itu adalah sebuah kebetulan belaka.

Pembuatan Draf Akta oleh Notaris

Setelah pengecekan nama dan dinyatakan bisa digunakan, Notaris akan memesan nama perusahaan dan membuat draf Akta Perusahaan sesuai dengan data perusahaan yang disepakati oleh para pendiri dan pemegang saham.

Data perusahaan biasanya berisi sebagai berikut.

  • Nama PT
  • Tempat dan kedudukan
  • Maksud dan tujuan (kegiatan usaha), menggunakan kode KLBI 2020.
  • Modal Perusahaan serta Kepemilikan Saham
  • Struktur Kepengurusan Perusahaan

Finalisasi dan Tanda Tangan Akta dihadapan Notaris

Setelah draf Akta dianggap sudah sesuai dengan permintaan, maka Akta akan ditandatangani oleh para pendiri dan pemilik saham perusahaan di hadapan Notaris. Setiap pemegang saham diwajibkan untuk hadir menandatangani Akta. Jika ada pemegang saham yang tidak dapat hadir, maka pemegang saham bisa memberikan kuasa secara tertulis (Surat Kuasa) kepada pihak lain untuk menggantikan kehadiran si pemegang saham tersebut.

Pengurus seperti Direktur dan Komisaris tidak diwajibkan ikut dan tidak terlibat dalam proses tanda tangan kecuali jika si pengurus juga menjabat sebagai pemegang saham.

Setelah tanda tangan selesai, Notaris akan membuat Salinan Akta dan mendaftarkan Akta tersebut di Kemenkumham. Anda akan mendapatkan Akta Salinan beserta Surat Keputusan Kemenkumham (SK Kemenkumham) yang mengesahkan pembuatan Akta tersebut.

Selain itu Anda juga harus mendaftarkan NPWP Perusahaan Anda ke KPP terkait berdasarkan data Akta yang sudah dimasukkan oleh Notaris. Untuk pendaftaran online NPWP perusahaan bisa dilakukan melalui tautan ini.

Pengurusan dan Pengambilan NPWP dan SKT Perusahaan

Setelah NPWP Perusahaan didaftarkan, Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) akan dikeluarkan oleh KPP (Kantor Pelayanan Pajak) dengan persyaratan sudah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan.

Biasanya, KPP akan melakukan pengecekan apakah data penanggung jawab pada NPWP Perusahaan tersebut sudah benar, status NPWP sudah diperbaharui dan apakah ada tunggakan pajak pada NPWP pribadi masing-masing pengurus dan pemegang saham.

Pembuatan NPWP bisa terganggu apabila ada data pribadi yang kurang serta laporan pajak yang belum terlapor. Karena itu,  Anda sebaiknya memastikan bahwa SPT Tahunan dan data pribadi Anda sudah terlapor dengan baik.

Pendaftaran NIB

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah nomor pengenal bagi pelaku usaha. NIB berfungsi untuk menggantikan TDP, API, NIK, serta RPTKA jika diperlukan.

Jika Anda sudah memiliki legalitas perusahaan namun belum memiliki NIB, maka Anda wajib membuat NIB untuk melengkapi legalitas perusahaan.

Pendaftaran NIB dilakukan melalui sistem OSS (Online Single Submission). Pengajuan API tidak wajib dan hanya perlu diajukan apabila dibutuhkan.

Bila tidak langsung didaftarkan, API masih bisa didaftarkan setelah NIB sudah keluar ketika pelaku usaha sudah membutuhkan izin tersebut.

Pemilihan Bidang Usaha di NIB dilakukan dengan memilih KBLI Bidang Usaha yang sesuai. KBLI yang dimasukkan harus sudah dimasukkan di Akta terlebih dahulu. Sebagai layanan tambahan kami akan bantu merekomendasikan kode KLBI yang sesuai dengan rencana kegiatan Anda secara gratis disini.

Perizinan Lainnya

Saat ini di OSS terbaru (OSS RBA), produk perizinan akan diterbitkan berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha dari setiap KLBI:

  • Rendah: NIB
  • Menengah rendah: Sertifikat Standar
  • Menengah tinggi: Sertifikat Standar (perlu verifikasi dari Kemantrian/Lembaga terkait)
  • Tinggi: Izin

Produk perizinan sesuai tingkat risiko diatas menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang sebelumnya menjadi salah satu dokumen perizinan wajib untuk perusahaan yang sebelumnya dikeluarkan oleh PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Perizinan lanjutan yang sebelumnya melalui OSS versi lama dikenal dengan Izin Komersial, saat ini sudah diperbarui menjadi PB UMKU (Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha). PB UMKU berfungsi untuk pelaku usaha atau badan usaha yang dengan bidang yang kegiatan operasionalnya membutuhkan izin khusus. Contohnya adalah perusahaan yang melakukan produksi makanan atau obat-obatan.

Pendirian PT di Bogor
Sudah siapkah anda menjadi pemimpin perusahaan yang akan membawa bisnis anda semakin besar dan berkembang?

FAQ (Frequently Asked Question)

Apa yang harus saya lakukan setelah pendirian perusahaan saya sudah selesai?

Anda mulai bisa menjalankan bisnis dan juga menyiapkan sistem pelaporan wajib untuk perusahaan, misalnya merapikan sistem pelaporan pajak. Anda juga bisa mendaftarkan merek dagang perusahaan Anda untuk melindungi identitas perusahaan.

Apa beda PT dan CV?

Ada beberapa perbedaan umum antara PT dan CV. Namun salah satu perbedaan yang paling penting adalah CV tidak memiliki sistem modal yang jelas, sementara PT memiliki sistem modal yang tertulis dan memisahkan aset perusahaan dan harta pribadi. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, PT dianggap sebagai badan usaha yang lebih bonafid.

Saya lihat teman saya perusahaannya cuma satu atau dua kata. Kok mereka bisa?

Peraturan mengenai penamaan PT minimal 3 suku kata baru berlaku di beberapa tahun terakhir. Jadi memang masih ada perusahaan yang didirikan sebelum peraturannya berlaku masih bisa mendirikan perusahaan dengan 1 atau 2 kata.

Apakah saya wajib menyetor modal? Modal setor PT itu dimasukkan kemana? Apakah harus didiamkan?

Berbeda dengan CV, PT wajib menyetor modal sesuai dengan kesepakatan di Akta. Modal setor perusahaan dimasukkan ke rekening khusus perusahaan lalu bukti setor bisa dikirim ke Notaris. Setelah disetor, modal bisa ditarik dan digunakan untuk menjalankan perusahaan.

Apakah keluarga dapat menjadi pemegang saham dan atau pengurus PT?

Bisa, Anda dapat menjalankan bisnis dengan anggota keluarga selama anggota keluarga tersebut memiliki NPWP. Anda juga bisa menjadikan anak sebagai pemegang saham selama sang anak sudah memiliki NPWP pribadi.

Bolehkah saya menjalankan lebih dari satu bidang usaha?

Boleh, namun di perizinan OSS sangat disarankan untuk mendaftarkan kegiatan usaha yang memang sudah atau akan segera dijalankan. Selain agar objektif bisnis perusahaan Anda bisa difokuskan untuk pengembangannya, perusahaan memiliki kewajiban menyampaikan LKPM setiap triwulan atas seluruh kegiatan usaha yang didaftarkan di OSS.

Apakah pemegang saham bisa dijabat oleh perusahaan lain?

Bisa, Anda bisa menjadikan badan usaha (misal PT) untuk menjadi pemegang saham di perusahaan yang ingin Anda dirikan. Pastikan bahwa PT tersebut memiliki dokumen yang lengkap untuk diberikan kepada Notaris yang membuat Akta Pendirian.

*Artikel ini akan selalu diupdate sesuai dengan perubahan untuk membantu Anda tetap terinfo dengan peraturan perizinan terbaru.

×