7 Hal Esensial Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

7 Hal Esensial Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses

Memutuskan untuk menjadi pengusaha akan mengubah hidup kamu. Kamu bisa meninggalkan pekerjaan yang mungkin sebenarnya tidak membuat kamu bahagia, kamu bisa mengatur jam kerja kamu sendiri, memilih staf kamu sendiri, melakukan pekerjaan sesuai dengan passion kamu, dan ketika kamu mahir melakukannya, kamu akan jadi pengusaha sukses. Terdengar manis ya?

Tapi, apakah kamu siap untuk gagal berkali-kali dan tidak ada jaminan kamu akan sukses? Apakah kamu akan tetap komit untuk konsisten di segala kondisi?

Diangkat dari kesamaan success story beberapa pengusaha sukses di dunia, ada 7 hal esensial untuk membuat bisnis kamu sukses, yaitu:

  • Big Idea.

Pengusaha yang sukses, membangun bisnisnya fokus di satu jenis usaha terlebih dahulu. Kamu perlu memiliki komitmen penuh pada ide besar yang kamu buat. Entrepreneurship bukanlah tentang market trend, tetapi tentang persistence pada long-term goals dan hal ini akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan investasi. Jadi pilihlah jenis usaha dengan pertimbangan yang matang.

  • Expert.

Sekedar knowledge tidak akan cukup, minimal well-experienced di area kamu akan bermain. Kamu harus tahu how to manage every single detail-nya, how to control end-to-end processnya,  termasuk how to make it grow.

  • Networking.

Apakah dengan mengikuti online group di socmed ataupun offline community based, selama isinya adalah para professional dari sektor bisnis yang kamu pilih, maka membangun relationship dengan mereka menjadi syarat yang wajib kamu lakukan. Hal ini juga untuk membentuk distribution channel dari usaha kamu nanti.

  • Business Plan

Sebagai guidance untuk menjalankan bisnis, kamu perlu membuat brand concept, business forecast, business operation model, execution strategy, SOP, termasuk customer experience management terlepas bisnis kamu akan berjalan dengan konsep B2B atau B2C.

  • Team.

Dibalik keberhasilan semua pengusaha sukses, ada kerja keras tim yang solid. Kamu pun harus memiliki key person yang akan menjadi motor di masing-masing lini bisnis kamu. Ketika bisnis kamu sudah berada di fase mature, people development adalah investasi, dan company culture adalah agama yang berperan penting untuk sustainability dari bisnis kamu.

  • Life-Work Balance.

Apakah kamu hidup untuk bekerja? Ketika menjadi pengusaha maka kamu bekerja untuk hidup. Luangkan waktu untuk keluarga dan sahabat kamu, jauhi stress dan kamu pun akan lebih bijak dalam bertindak sebagai business owner.

  • License/Permit

Badan usaha sebagai legalitas bisnis kamu mutlak diperlukan. Secara sah pemerintah akan mengakui dan mengizinkan bisnis kamu beroperasi, pelanggan akan menilai bisnis kamu dijalankan oleh organisasi yang kredibel, dan para mitra usaha kamu pun akan menaikkan level kepercayaannya ketika akan melakukan kerjasama.

Untuk membantu kamu menjalankan bisnis secara profesional sejak fase awal, kami sudah menyiapkan layanan-layanan untuk membantu persiapan dan operasional bisnis kamu nanti, termasuk membantu kamu untuk memiliki badan usaha, informasi lengkapnya bisa kamu cek disini.

Selamat menjadi pengusaha sukses!

×