Alasan Pebisnis UMKM Mengalami Kemajuan Pesat Setelah Memiliki Badan Usaha.

Alasan Pebisnis UMKM Mengalami Kemajuan Pesat Setelah Memiliki Badan Usaha.

Growther.id

Sejak tahun lalu kami sudah banyak membantu para pelaku UMKM untuk membuka potensi bisnis yang lebih besar melalui kepemilikan badan usaha. Seperti yang kita ketahui seringkali kita kehilangan
kesempatan memenangkan pitching ataupun gagal menyepakati kerjasama bisnis karena kondisi yang mensyaratkan kepemilikan badan usaha.

Untuk mengetahui sejauh mana impact kepemilikan badan usaha terhadap bisnis mereka, kami pun menghubungi para klien yang selama ini kami layani untuk menanyakan hal tersebut. Jawaban yang mereka berikan ternyata diluar ekspektasi kami dan salah satunya akan kami jadikan business case, yang diuraikan dibawah ini.

PT MDI, bisnis mereka berawal dari jasa pembuatan website dan saat ini sudah berkembang untuk fokus di bidang pengembangan software dan aplikasi, dengan cakupan nationwide.

  • Sebelumnya mereka mengerjakan berbagai project dengan menggunakan bendera dari perusahaan lain, perusahaan yang dipinjam mendapatkan fee sekitar 10% dari nilai project, rate tersebut sepertinya sudah menjadi standar di sektor industri terkait.
  • Sebut saja sebuah project bernilai 100 juta, PT MDI (sebelum memiliki badan usaha) mengalami loss 10 juta hanya dari satu project. Kerugian yang sama terulang di beberapa project selanjutnya.
  • Pada akhirnya kepemilikan badan usaha menjadi solusi untuk menutup kebocoran yang sudah lama dialami, biaya pendirian PT yang tidak sampai 10 juta pun menjadi tidak sebanding dengan kerugian yang selama ini terjadi.
  • Impact positif lainnya, PT MDI saat ini sampai mengalami overload mengerjakan project dari beberapa institusi Kementrian, menurut pengakuannya, dengan nama mereka yang tercantum langsung sebagai direktur/komisaris ternyata terbukti memberikan impresi yang baik dalam membangun kepercayaan sehingga lebih mudah untuk memenangkan kesepakatan bisnis.

Beberapa klien kami yang lain pun mengutarakan bahwa kepemilikan badan usaha bukan sekedar melegalkan usaha yang sedang kita jalani, tetapi juga memberikan peluang bisnis yang lain.

PT PMU misalnya, melihat peluang untuk mengfungsikan perusahaannya sebagai brokerage agency bagi perusahaan – perusahaan asing yang tidak memiliki kantor representative di Indonesia, dimana PT PMU berperan untuk menyelesaikan kesepakatan bisnis dengan perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia. Dan saat ini PT PMU sudah berekspansi ke berbagai sektor industri yang lain dengan melakukan bisnis model yang sama.

Sedikit berbeda dengan PT NMS, selain memang untuk melegalkan usaha yang dijalaninya. mereka juga menyewakan perusahaannya sebagai bendera untuk digunakan oleh pihak lain, dan ternyata setelah dihitung total fee yang diperoleh dari penyewaan bendera ini lebih besar dari bisnis utama yang dimilikinya. Tetapi untuk bisnis seperti ini kami menyarankan untuk mempertimbangkan perhitungan pajaknya dan perlu disepakati terlebih dahulu dengan klien kita.

×