Pernahkah Anda menemukan ide bisnis dan bertanya-tanya apakah ide bisnis Anda akan berhasil?
Memulai bisnis membutuhkan waktu dan energi, dan Anda harus melewati periode mencari inspirasi dan melakukan desktop research. Penting untuk bersikap kritis terhadap ide yang Anda miliki temasuk mendapatkan feedback sebanyak mungkin dari orang lain.
Setelah Anda menemukan ide yang bagus, bagaimana Anda bisa yakin ide tersebut akan berkembang menjadi bisnis yang sukses? Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan untuk membantu Anda mengevaluasi apakah ide bisnis Anda realistis dan layak untuk dieksekusi.
- Apakah akan menjadi solusi untuk solve the problems?
Apabila ada masalah yang menjadi issue bagi Anda, teman atau keluarga, maka kemungkinan besar masalah itu juga menjadi issue bagi target market Anda diluar sana. Lalu apakah solusi yang disediakan produk/jasa dari ide bisnis Anda bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan issue yang ada?
- Apakah worth buying?
Sebuah ide hanyalah sekedar ide sampai Anda memiliki pelanggan yang mau mengeluarkan uang. Pelanggan yang mau membayar akan memvalidasi dan menentukan apakah ide Anda memiliki peluang untuk sukses atau tidak.
- Apakah worth pricing?
Setelah Anda menemukan bahwa ide Anda akan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi market, Anda perlu menentukan berapa harga yang perlu dibayar untuk produk/jasa Anda. Setelah menentukan harga, Anda dapat menilai apakah ide Anda layak untuk dijadikan bisnis atau tidak.
- Apakah ada target market yang cukup?
Tanpa market yang cukup, ide Anda mungkin tidak akan berhasil. Anda perlu mengeksplor apakah ada niche market untuk ide Anda. Kesempatan untuk sukses akan lebih besar jika ide Anda bisa meng-improve apa yang sudah ditawarkan kompetitor di luar sana.
- Apakah sesuai dengan passion Anda?
Memulai bisnis akan menghabiskan banyak waktu, energi dan kesabaran. Idealnya ide bisnis Anda sesuai dengan keahlian, pengalaman dan passion Anda. Sangat krusial untuk memiliki ide bisnis yang mengakomodir passion Anda, bukan hanya sekedar pertimbangan proyeksi profit/loss.
- Apakah sudah mendapatkan feedback?
Lakukan trial dengan men-share ide Anda bukan hanya kepada small circle yang akan terlalu sopan untuk memberikan respon negatif, tapi juga kepada stranger/random people sesuai target market yang akan memberikan feedback jujur untuk menentukan kelayakan ide bisnis Anda.
- Apakah Anda siap menerima saran?
Jika Anda tidak terbuka untuk mengubah atau mengadaptasi ide Anda agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan market, ide bisnis Anda mungkin tidak layak untuk diteruskan. Ide bisnis yang baik akan membutuhkan beberapa penyesuaian untuk bisa diterima oleh market.
- Apakah sudah menyiapkan marketing strategy?
Banyak pebisnis yang hanya fokus kepada ide untuk solving the market’s problem, tetapi tidak memikirkan bagaimana cara untuk memasarkan bisnis. Memiliki ide bisnis yang jenius tanpa tahu cara menjangkau potential market akan sangat challenging. Memikirkan marketing strategy sedini mungkin adalah kunci.
- Apakah goals Anda realistis?
Terlepas dari semangatnya Anda dengan ide bisnis yang akan diluncurkan, penting untuk tetap realistis. Meskipun Anda mungkin memiliki ide yang orisinal, revolusioner dan visioner, tetap harus ada potensi market yang nyata untuk memastikannya berhasil. Bukan hanya secara teoritis atau berdasarkan asumsi saja.
- Apakah sudah memiliki legalitas badan usaha dan perizinan yang sah?
Tanpa memiliki badan usaha dan perizinan untuk melegalkan eksekusi ide bisnis Anda, maka bisnis Anda tidak memiliki jaminan untuk memastikan keberlangsungan, perkembangan dan perlindungannya. Banyak bisnis yang terkendala untuk berkembang dan bahkan dipaksa mati karena tidak memiliki legalitas dan perizinan yang sah dan sesuai.
Execute your ideas, legalize your business and start growing together!